YONGSAN MARKET, MANGGA DUA NYA KORSEL
YONGSAN MARKET, MANGGA DUA NYA KORSEL

YONGSAN MARKET, MANGGA DUA NYA KORSEL  

PulauBerita – YONGSAN MARKET, MANGGA DUA NYA KORSEL Yongsan Electronic Market bisa dibilang sebagai surganya para tech-savvy. Area ritel yang terletak di Seoul, Korea Selatan tersebut, menjajakan berbagai perangkat elektronik, baik baru maupun bekas. Sepintas, area ini tampak seperti Glodok atau Mangga Dua. Bedanya, Yongsan Electronic Market jauh lebih besar dengan lebih dari 20 bangunan dan 5000 toko yang berjualan. Perangkat yang dijajakan pun bervariasi, mulai dari komputer dan komponen-komponen PC, VGA, kamera, smartphone, konsol game beserta software-nya, sound system, hingga aksesori-aksesori perintilan seperti adaptor berbagai jenis, dan sebagainya.

Berdasarkan observasi singkatnya, ada beberapa perangkat di Yongsan Electronic Market yang dijual lebih murah ketimbang di Indonesia. Misalnya saja WDC Purple 6TB yang dijual Rp 3 jutaan di Indonesia, lantas ditemui seharga 140.000 won (Rp 1,8 jutaan) di Yongsan. VGA Asus GeForce RTX 2080 8GB di Indonesia dijual Rp 17,3 jutaan, sementara di Yongsan dihargai 1,14 juta won (Rp 15,2 jutaan).

YONGSAN MARKET, MANGGA DUA NYA KORSEL  

PulauBerita – Beberapa barang bekasnya pun, menurut Michael, layak dipertimbangkan. Pasalnya, kondisi barang masih bagus seperti baru dan harganya bisa lebih murah 50 persen bahkan lebih. Misalnya saja GALAX Geforce GTX 1050 Ti 4GB yang dijual Rp 2,8 juta dalam kondisi baru di Indonesia, di Yongsan hanya 120.000 won (Rp 1,6 jutaan) dalam kondisi bekas tetapi terawat.

Namun, ada yang menjadi anomali. Sebuah hard disk WD My Passport 4TB USB 3.0 dijual lebih mahal di Yongsan yakni 150.000 won (Rp 2 juta), padahal di Indonesia hanya Rp 1,8 juta. Intinya, sebelum bertandang ke Yongsan untuk belanja perangkat teknologi, Anda sebaiknya riset mendalam terlebih dahulu atas harga barang-barang incaran. Dari situ bisa dibandingkan dan membantu memutuskan dengan bijak apakah hendak membeli atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here