PULAUBERITA , Jakarta – Studi : Angka Kehamilan remaja makin meningkat, bagaimana Perents mencegahnya?. Tahukah perents bahwa 1 dari 9 anak perempuan menikah di bwaah usia 18 tahun? selain itu, BOLA88 diperkirakan ada 14,2 juta anak perempuan per tahunnya yang akan menikah di tahun 2020 nanti sebelum usia 18 tahun. Apakah perkawinan usia remaja ini disebabkan hamil diluar nikah?

Data di atas dikeluarkan oleh UNICEF-BPs, Kemajuan yang tertunda: Analisa Data Perkawinan usia anda di indonesia tahun 2016. Data lainnya menyebutkan bahwa 26 dari 1000 perempuan melahirkan pada usia 15 tahun hingga 2017.

Setelaha mengtahui fakta seperti ini bagaimana pandangan perents? Sebagai orangtua yang memiliki anak, meskipun mungkin saat ini usainya belum memasuki fase remaja, data ini tentu saja bisa menajdi alarm.

Sebagai orangtua, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah? Bahkan, idealnya sebuah pernikahan harus dilakukan ketika memnag sudah siap menjalaninya? Sudah siap dan bisa menjalankan komitmen pernikahan dan tentunya bertanggung jawab saat memiliki anak.

Terkait dengan hai ini, tentu sebagai orangtua kita perlu mengetahui cara mencegah anak hamil diluar nikah atau tanpa perencanaan.

Beberapa waktu lalu, saya mewakili The Asianparent menghadiri hari kotrasepsi sedunia yang diadakan oleh DKT Indonesia. Ketika itu, BOLA88 BKKBN memaparkan beberapa data terkait dengan pernikahan remaja atau kehamilan yang tidak direncanakan lantaran tidak sedikit remaja yang melakukan hubungan seksual diluar pernikahan.

Padahal, kehamilan pada anak remaja tentu saja berisiko tinggi, baik untuk ibunya ataupun untuk bayinya, hal inilah yang dipaparkan oleh Dr.UF Bagazi, SpOG, dari Brawijaya WOmen & Children Hotspital.

“Salah satunya adalah keguguran pada usia muda dapat terjadi tidak sengaja.Misalnya,karena terkejut dan cemas atau stres, BOLA88 Tapi ada juga keguguran yang sengaja dilakukan oleh tenaga non profesional hingga menimbulkan efek yang sangat serius dan membahayakan jiwa.”

Selain risiko keguguran, risiko tinggi kehamilan remaja adalah persalinan prematur,berat badan lahir rendah, dan kelainan bawaan.

“Prematuritas terjadi karena kurang matangnya alat reproduksi terutama rahim yang belum siap dalam suatu proses kehamilan, berat bdan lahir rendah (BBLR) juga dipengaruhi gizi saat hamil kurang dan juga umur ibu yang belum menginjak 20 tahun. kondisi gizi buruk pada ibu juga akan menyebabkan muda terjadinya infeksi dan anemia pada kehamilannya,”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here