Formula E
Formula E

PulauBerita.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah mengumumkan rencana penyelenggaraan Formula E di Monas. Tetapi, pada akhirnya, rencana Anies itu tak disetujui oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Mulanya, Anies mengumumkan bahwa DKI Jakarta sudah siap menjadi tuan rumah Formula E pada September tahun lalu. Anies mengumumkannya dalam momen konferensi pers Jakarta E-Prix, di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20-09-2019).

Di atas panggung yang di belakangnya tampak jelas tugu Monas, Anies menyebut balapan Formula E dilangsungkan di Monas. Untuk menggelar balapan itu, akan ada rekayasa lalu lintas berupa penutupan jalan. Namun, Anies ketika itu belum dapat memastikan detail titik yang akan mengalami penutupan karena rancangan sirkuit belum rampung.

“Intinya akan dibuat di sini, penutupan diperkirakan satu minggu,” kata Anies.

“Final (jalur)-nya akan diumumkan nanti, apakah ada penutupan atau tidak, insyaallah tidak akan mengganggu lalu lintas. Pertama, kami sesedikit mungkin mengganggu tanaman yang ada jadi tidak ada pemotongan pohon. Kedua, sesedikit mungkin mengubah rute lalu lintas. Ketiga, sesedikit mungkin mengeluarkan biaya tambahan pembangunan trek,” kata dia di 7meter.

Anies juga menjamin keamanan bagi peserta dan penonton saat balapan Formula E bergulir. Seperti apa?

“Kami harus bangun barikade sepanjang trek, seperti pembatas jalur busway tentu dengan desain berbeda,” Anies menambahkan.

Hampir lima bulan berlalu, rencana menggelar ajang olahraga bergengsi itu menemui kendala. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) tidak menyetujui rencana Anies menggelar Formula E di kawasan Monas. Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menyebut ada berbagai pertimbangan, salah satunya soal cagar budaya.

“Formula E nanti saya sampaikan rapat komrah (komisi pengarah), bahwa komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan,” kata Setya di kantornya, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (05-02-2020).

Setya menyebut rencana balap Formula E di Jakarta akan diizinkan jika digelar di luar kawasan Monas. Hingga kini, izin tersebut belum dikeluarkan.

“Secara tertulis belum, kan baru selesai dibicarakan sore ini,” katanya.

Diketahui, sebelumnya Kemensetneg mengatakan sudah ada pengajuan izin ke Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka terkait gelaran Formula E 2020. Izin diajukan lantaran lintasan yang dipakai masuk ke kawasan Monas, Jakarta Pusat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here