Pulau berita-Kalau bicara tentang kerja, kamu pasti punya banyak sambatan. Mulai dari besaran gaji, rekan kerja yang nyebelin, sampai AC kantor yang rusak tapi nggak dibener-benerin — semua itu berkontribusi pada kecapaian badan dan pikiranmu. Apalagi hari-hari seperti itu mau nggak mau harus terus diulang tiap harinya. Demi apa? Ya demi menyambung hidup. 7meter 

Makanya waktu pulang kantor dan weekend adalah oase diantara segala kepenatan pekerjaan. Begitu sampai rumah atau kosan, badan otomatis langsung ingin menempel ke kasur dan tidak memikirkan apa-apa lagi. Tapi Gaes, secapek-capeknya dirimu setelah kerja, jangan langsung rebahan dan ‘bablas’ hingga pagi ya — malah tambah capek lo besoknya. Paling tidak, lakukanlah 6 hal di bawah ini sebelum istirahat sepulang kerja biar hidupmu jauh lebih berkualitas!

1. Wajib bersih-bersih badan! Bagi yang suka malas, pastikan kamu tidak tidur ‘berselimut’ kuman, nanti malah bisa sakit lo

Kebiasaan buruk yang kamu lakukan saat sampai rumah setelah kerja seharian yaitu lupa untuk bersih-bersih badan. Kamu dapat memulainya dengan cuci tangan dan kaki agar kuman-kuman yang menempel hilang. Tapi karena waktu sampai rumah udah larut dan badanmu sangat lelah, yang ada kamu langsung menuju kamar atau selonjoran di kursi buat istirahat sejenak. Niatnya memang goler-goler sebentar, tapi siapa yang menjamin kamu nggak bakal ketiduran?

Hal yang seperti ini bikin dirimu jadi nggak sehat, apalagi nggak ganti baju dan mandi juga. Dengan segala aktivitasmu seharian penuh, baik di dalam ruangan maupun di lapangan bikin tubuhmu sangat kotor. Untuk yang mandi, jika enggan melakukannya karena terlalu malam nggak ada salahnya tetap membersihkan badan seperti mengelap-elap dengan handuk kecil. Dengan begitu kamu udah berusaha mengurangi kuman-kuman yang menempel pada tubuh.

2. Walaupun ngemil emang enak, tapi jangan deh dibiasakan apalagi kalau kamu lagi capek banget. Mending tidur aja~

Salah satu hal yang digemari kamu adalah ngemil. Dibanding makan (makan pakai lauk dan nasi), ngemil biasanya lebih praktis dan ‘terjangkau’ alias nggak perlu menyiapkan piring atau sendok. Mulai dari kudapan ringan kayak biskuit dan keripik, hingga yang agak berat seperti roti dan kue-kue manis sukses menemani malam lelahmu setiap hari. Karena ngemil di malam hari ternyata kurang baik buat kesehatan, alangkah baiknya jika kamu kurangi, terutama yang manis-manis.

Bahaya lo kalau ketiduran dan masih dalam posisi ngemil, maka gigimu bisa rusak. Jika ingin tetap ngemil, pilihlah cemian yang asin atau agak pedas. Dan yang terpenting jangan lupa sikat gigi ya!

3. Saking ngantuk dan capeknya, kamu sering langsung goler-goler di kasur dan lupa nggak minum. Ini bahaya karena kamu perlu cukup konsumsi air mineral

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here