Manga death note adalah sebuah manga yang fenomenal, yang dipublikasikan pada tahun 2004, dan merupakan karya dari Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata, meskipun manganya hanya berjumlah 12 volume, tetapi popularitasnya di masa itu sungguh luar biasa, karena kualitas gambar dan tema cerita yang diangkat sangat menarik.

Death Note sendiri adalah manga dengan genre detectif, mystery yang dikhusukan untuk kalangan remaja dan dewasa, karena ceritanya yang begitu kompleks dan tidak mudah untuk dipahami anak anak.

Sinopsis Death Note

Death Note menceritakan tentang jika Ryuk, seorang dewa kematian(shinigami) menjatuhkan buku miliknya di dunia manusia, buku tersebut ditemukan oelh Light Yagami, pelajar SMA terpintar di Jepang , buku hitam dengan tulisan “death note” ini ternyata bukan buku biasa, siapapun yang namanya tertulis di buku tersebut, maka orang tersebut akan meninggal dunia.

Light Yagami adalah putra dari kepala kepolisian Jepang, , karena itu dia memimpikan untuk menciptakan dunia dimana tidak ada penjahat didalamnya, sehingga dia menggunakan death note untuk menulis nama para penjahat yang ada di dunia.

Ryuk, si pemilik asli deathnote, merasa tertarik dengan apa yang dilakukan Light, membiarkan Light menggunakan death note miliknya, selain itu, Ryuk ini sangat suka memakan buah apel, jadi selama Light memberinya buah apel dan melakukan hal yang menarik, dia akan mendukung apa yang dilakukan Light.

Light lalu membuat identitas palsu bernama kira, yang merupakan pengucapan jepang untuk kata “killer” ( pembunuh), kira memang tidak pernah memunculkan sosok aslinya, tapi banyak orang yang mengagumi tindakan dan bahakan ada yang menganggap skira sebagai sosok tuhan. Tapi tindakan membunuh orang ini tentu tidak bisa dibenarkan.

Lalu munculah “L” seorang detektif hebat yang dipercaya untuk mengungkap identitas Kira, akhirnya terjadilah pertempuran antara L dan kira, L bukanlah nama asli dari detektif tersebut, tanpa mengetahui nama asli dari orang yang ditulis, kira alias Light Yagami tidak bisa membunuh L, L juga berusaha untuk mengungkap identitas kira supaya bisa menangkapnya.

Singkat cerita, nama asli L terungkap lebih dahulu, sehingga akhirnya L terbunuh,tapi bukan berarti kira sudah menang, karena L memiliki penerus yaitu N, N adalah murid dari L, dan menjadi detektif yang akan meneruskan pertarungan melawan kira, akhirnya N berhasil mengungkap identitas kira, setelah identitasnya terungkap dan sudah hampir tertangkap oleh polisi, ternyata Kira malah tewas..

Ryuk si pemilik buku yang membunuh kira, dia menuliskan nama kira alias Light Yagami dalam buku Death Note, karena sudah bosan dengan apa yang lightlakukan.Ceritanya memang cukup kompleks, tapi hebatnya cerita tersebut hanya disajikan dalam 12 volume komik saja, tidak seperti manga lain yang jumlah volume komiknya sampai puluhan volume dan berjalan hingga belasan tahun.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here